Thursday, April 28, 2011

Stroke


Stroke terjadi karena otak kekurangan oksigen akibat terhambatnya pasokan darah menuju otak memang sangat tergantung pada kondisi aliran darah ke otak. Bila fungsi darah yang membawa oksigen dan zat-zat makanan terputus selama 8-10 menit saja, maka akan terjadi gangguan fungsi otak. Lebih dari 8 menit saja maka akan terjadi luka yang sulit dipuluhkan. Berdasarkan faktor penyebabnya stroke dibagi menjadi dua.

Pertama, Stroke Nonhemoragik yang terjadi akibat suplai darah ke bagian otak berkurang (iskemia)  atau terhenti. Strike iskemia sendi ada yang ringan dan sedang. Dikatakan ringan kalau serangan hanya sementara dan setelah beberapa menit atau dua hari pulih kembali. Kelainya adalah mendadak tangan dan kaki sebelah terasa kurang bertenaga dan kesemutan, dan setelah kurang lebih 15 menit pulih kembali. Untuk tingkat sedang gejalanya yang dirasakan adalah gangguan syaraf sementara (mendadak sulit bicara tapi masih sadar, tangan dan kaki sulit digerakan selama 2 hari). Stroke jenis ini memang masih tergolong ringan tapi perlu diwaspadai karena sakali saja mengalami serangan, maka peluang terjadinya serangan ulangan sangat tinggi dengan dampak yang lebih berat.

Kedua, Stroke Hemoragik yauti : pendara pada otak yang terjadi disebabkan oleh robek atau pecahnya pembuluh darah akibat tekanan darah yang tinggi dan mendadak, atau rapuhnya pembuluh darah kerena penumpukan peroksida lemak dan pengapuran. Bahaya akibatnya pecahnya pembuluh darah ini aka lebih berat bila sebagian sel otak mati karena bisa berakhir dengan kelumpuhan atau kematian.
Penyebab lain serangan stroke khususnya pada mereka yang berusia kurang dari 35 tahun adalah kerena adanya kalainan pembuluh darah seperti aneurisma (penggelembungan pembuluh darah 0,5 – 1cm, akibat lapisan dinding otot pembuluh darahnya lemah) atauarterio venousmalformation (AVM), semacam varises pada pembuluh darah otak. Selain ini hipertensi dapat memicu serangan stroke diusia muda. Penyakit dan kondisi yang berkaitan erat dengan stroke diantaranya diabetes, obesitas, merokok, alkohol dan penuaan.

Pengaturan pola makan penting untuk mencegah dan mengobati stroke. Kurangi makan tinggi lemak/minyak, makan manis, garam tinggi. Hindari alkohol, kafein, rokok. Kontrol berat badan dan tekanan darah.
 
Gejala :
-         Mulut mencong kekiri/ke kanan, lidah mencong bila dijulurkan
-         Bicara pelo/tidak jelas, sulit menelan.
-         Tubuh baal,kesemutan,panas seperti terbakar.
-         Mudah Lupa
-         Mudah tersedak saat makan & Minum
-         Gerakan sulit terkoordianasi, sulit berjalan
-         Bicara tidak lancar/Patah-patah dan kurang jelas
-         Sulit membaca/menulis/menghitung (intelegensia mundur)
-         Penglihatan terganggu (rangkap)
-         Vertigo (serasa berputar)
-         Mudah menangis dan tertawa
-         Kelopak mata sulit dibuka
-         Mendadak pingsan atau koma
-         Mendadak lumpuh setengah badan

Saran-saran :

-         Hindari makan yang berlemak, terlalu asin atau terlalu manis
-         Hidari alkohol, rokok dan kafein
-         Perbanyak mengkonsumsi makanan bersert seperti sayur dan 
    buah-buahan
-         Kontrol berat badan dan tekan darah secara teratur.

Produk yang di sarankan :

Niwana SOD     3 x 2 sachet     Harga : Rp. 730.000,-   isi :30 sachet
Fish Oil           1 x 2 softgel     Harga : Rp. 220.000,-   isi :60 softgel

No comments:

Post a Comment